Berita Terkini

Monitoring TPA Wisata Edukasi Talangagung Kepanjen
10-01-2018 09:29

TPA Wisata Edukasi Talangagung yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Taman ini terletak 500 m dari Jalan Raya Talangagung Kepanjen, tepatnya setelah Jembatan Metro dari arah Malang-Blitar, kearah desa Sumedang. Dengan luas areal 3,5 Ha, TPA Wisata Edukasi Talangagung, menjadi jujukan wajib para peneliti, masyarakat, dinas atau pemda baik dalam maupun luar negeri dalam rangka belajar menangani sampah yang menjadi permasalahan besar di kota-kota.

Dalam pengelolaan sampah yang dibuang di TPA Talangagung, sudah menggunakan sistem semi sanitary landfill dan semi control landfill. Dengan sistem tersebut kirimanan sampah organik dan anorganik sebanyak 190 meter kubik setiap harinya bisa diolah dan menghasilkan biogas yang dimanfaat sebagai bahan bakar alternatif pengganti elpiji untuk warga sekitar.

Kasi Penanganan Sampah Bapak Mustofan, S.Sos melakukan monitoring (9/1/2018) terkait dengan daya tampung serta kalkulasi kapasitas TPA untuk tahun mendatang, jika memungkinkan untuk penambahan lahan maka akan dilakukan perluasan lahan TPA.