Detail Berita

Kunjungan Bupati Malang ke TPA Talangagung Menjelang Launching Program Bersih Indonesia

Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi melakukan kunjungan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang guna meninjau kesiapan tempat tersebut menjelang launching Program Bersih Indonesia dan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Alliance to End Plastic Waste.

Rencananya Pemkab Malang akan mendapat bantuan Hibah senilai total 29 Juta USD untuk membangun dua pabrik pengolahan sampah plastik di Kabupaten Malang. Masing-masing pabrik akan dibangun lewat bantuan hibah ini dan nantinya lokasi pabrik tersebut berada di Talangagung dan di Tumpang.

TPA Talangagung merupakan salah satu TPA di Kabupaten Malang yang menjadi tempat pemilahan & pengolahan akhir sampah organik dan plastik agar sampah masih bisa bermanfaat. Hasil olah gas metan dari sampah organik tersebut disalurkan melalui pipa gas metan kepada kurang lebih 300 KK untuk kebutuhan memasak dan penggerak genset.

Untuk memaksimalkan program ini, Sanusi juga menyiapkan Perda agar masyarakat memilah sampah di rumah. Dengan begitu, pengelolaan sampah di Kabupaten Malang akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Berita Lain